E-Book Reader

Posted on 6 January 2010. Filed under: Gadgets, Invention | Tags: , |

Alat pembaca e-book, atau yang dikenal sebagai e-reader, sudah mulai memasuki pasaran dunia. Di bawah ini disampaikan review dari 1 produk lama (Amazon Kindle) dan 3 produk baru yang akan segera membanjiri pasaran e-reader.

Skiff Reader

skiffreader_dyt1.jpgTanggal 4 Jan 2010 (kemarin), Skiff, LLC dan Sprint (NYSE: S) memperkenalkan Skiff Reader, e-reader pertama yang dioptimalkan sesuai dengan isi majalah dan surat kabar. Produk ini menggunakan 11.5-inch touchscreen e-ink display dan ketebalannya hanya 0.25 inch. Canggihnya, e-reader ini bisa dilengkungkan, karena menggunakan teknologi flexible display dari LG.

Resolusi layar 1600×1200 pixels, berat 1 pound, memory 4GB on-board (hanya 3 GB yang bisa dipakai user) dengan SD card expansion, dan tersedia 3.5mm headphone jack untuk lagu dan suara text-to-speech. Isi dapat dimasukkan dari tepi display melalui mini USB jack atau bisa juga dikirim dengan menggunakan WiFi dan jaringan 3G.

skiffreader_dyt2.jpgDengan layar yang lebih besar 2 inch dan lebih jernih dibandingkan saingannya, Amazon Kindle, produk ini diharapkan akan mampu mendapatkan tempat tersendiri dalam jajaran e-reader walaupun tampilannya masih hitam putih.

.

Amazon Kindle

Amazon Kindle 1.jpgProduk ini sudah beredar di pasaran USA sejak Nov 2007. Kindle generasi pertama menggunakan layar 6 inch, 4-level graysclale display dan dijual dengan harga $399. Memory standard adalah 250MB dan dapat di-expand melalui SD memory card. Model ini hanya tersedia di USA karena masalah kerjasama dengan wireless network operator. Sekarang model ini sudah tidak tersedia lagi dan diganti dengan Kindle 2.

Pada bulan Feb 2009, Amazon memperkenalkan Kindle 2 yang sudah bisa diperoleh dengan harga $359. Kindle 2 menggunakan 16-level grayscale display, umur battery yang sudah diperpanjang, 20 percent page-refreshing lebih cepat, dan ketebalan yang diturunkan dari 0.8 ke 0.36 inch (9.1 mm).

Kindle 2 memiliki 2 GB internal memory yang dapat diakses oleh user sebanyak 1.4 GB. Ini kira-kira setara dengan 1500 halaman buku tanpa gambar. Kindle 2 memilik slot untuk SD memory cards.

Amazon Kindle 2.jpgPada bulan Oktober 2009 produksi Kindle 2 dihentikan dan diganti dengan versi internasional yang dijual dengan harga $259 dan dilengkapi dengan built-in 3G (HSDPA) dan EDGE/GSM wireless modem untuk konektivitas di lebih dari 100 negara.

Pada bulan Juni 2009, Amazon memperkenalkan Kindle DX dengan harga $489. Model ini dilengkapi dengan accelerometer, yang secara otomatis akan mengubah orientasi tampilan menjadi landscape atau portrait jika alat diputar. Kindle DX juga dilengkapi dengan 4 GB (3.3 GB user-accessible) storage capacity, dan dapat manampung sekitar 3500 e-books tanpa gambar, 9.7 inch (24.6 cm) display dengan 1200 x 824 pixel resolution, dan umur battery sampai dengan satu minggu jika menggunakan wireless atau dua minggu jika offline. DX ini ditambah dengan kemampuan untuk membaca PDF file, built-in stereo speakers, dan 1xRTT wireless technology. Sayangnya versi ini sama dengan Kindle 2, tidak memiliki SD memory card slot.

Apple Tablet

Gambar berikut ini adalah gambar perkiraan artis tentang Apple Tablet yang sampai dengan saat ini masih beredar dalam bentuk rumor. Analisa terakhir memprediksi bahwa produk ini akan diluncurkan pada awal tahun 2010.

apple tablet.jpg

Produk ini menggunakan touchscreen sekitar 7″-10″ dan nantinya tidak akan masuk pada pasaran kelas bawah karena Apple masih konsisten untuk memposisikan dirinya pada pasar kelas menengah atas. Diduga produk ini hanya berupa touchscreen tablet, bukan netbook, dan akan dipasarkan dengan harga sekitar $500-$700.

Bonnier Mag+ Prototype

Bonnier Mag+ ini masih dalam tahapan protoype dan dibuat dengan tujuan untuk dapat berfungsi seperti majalah konvensional dan dapat menggantikan kenyamanan membaca majalah yang sudah berjalan selama bertahun-tahun. Produk ini direncanakan akan menggunakan layar sentuh dan berwarna.

01.jpg

02.jpg

03.jpg

04.jpg

Make a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

3 Responses to “E-Book Reader”

RSS Feed for Imajinar Comments RSS Feed

oo si kindle ini to…hmmm….ada juga pigura elektronik gambarnya bisa ganti2 tiap bbrp menit…keknya kindle juga…pernah buat reviewnya di mbok tuwo keple:mrgreen:

Kalau yang gambarnya bisa ganti beberapa menit itu bukan Kindle Kang, soale harga nya ngga sampai seharga Kindle. Itu keknya buatan Taiwan atau China…πŸ™‚

wah, keren ya..jadi kayak majalah beneran.

Selain bawanya enteng, dibandingkan dengan bawa 20 majalah, itu juga bisa buat nggaya…πŸ™‚

Wah. Mau!!

Hehe.. bayar dulu.πŸ™‚

Where's The Comment Form?

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d bloggers like this: