Tutorial – Cara Insert Flash Animation di WordPress.com

Posted on 15 January 2010. Filed under: Creativity, Inspiration, Tools | Tags: , , |

Ingin blog Anda tampil lebih menarik dan dinamis? Ingin terkesan hi-tech dan menguasai dunia scripting? Ingin nggaya kepada teman-teman?

Segera ikuti petunjuk cara memasang Flash Animation pada blog wordpress.com Anda dengan melihat video di bawah ini. Ini adalah undocumented features yang tidak pernah disebutkan secara terang-terangan oleh WordPress.com.

[YouTube=http://www.youtube.com/watch?v=EG3GrVPONvI]

Pada prinsipnya, pemasangan Flash Animation ini menggunakan fitur dari Gigya.

Syntax-nya adalah sebagai berikut:

[gigya src=URL_dari_flash_animation_Anda width=150 height=150]

Angka 150 itu adalah contoh saja, bisa diganti dengan angka lebar dan tinggi yang lain (dalam pixels).

Contoh:

[gigya src=http://www.free-flash-animations.com/resources/sandglass-300×420.swf width=150 height=150]

Caranya sangat mudah. Cukup buat artikel baru (New Post), beri judul dan copy-kan contoh di atas pada kotak artikel. Setelah berhasil, silahkan berburu Flash Animation yang cantik-cantik di Google.

Selamat mencoba!

Make a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

31 Responses to “Tutorial – Cara Insert Flash Animation di WordPress.com”

RSS Feed for Imajinar Comments RSS Feed

flash yah….masih sebatas flv miyabi yg ada di kompie….kalo dipasang di blog keciyan yg inetnya lemot…..tapi ok tutornya:mrgreen:

Kalau terlalu besar memang kasihan yang baca karena flash ini langsung loading. Kalau YouTube kan ngga langsung loading. Cocoknya untuk pasang banner atau animasi kecil-kecil saja yang ukurannya lebih kecil dari 100KB.

kalo dulu di blogspot, flashnya tak upload ke geocities tapi filenya tak rename jadi txt dulu supaya mau diterima geocities. Lha scriptnya supaya tampil di blog, tinggal nyopi saja di link tempat aku download flashnya pake software yang ngambil flash, tinggal ganti alamat flshnya. Kalo sekarang berhubung geocities tutup ya nggak tahu enaknya gimana. Tahu nggak mas hosting gratisan yang bisa nampilkan langsung bukan link download. 00webhost bisa nggak yah? Enak nggak ?

Tadi sempat lihat-lihat hosting gratisan seperti co.cc itu. Gratis dapet storage 500 MB. Itu bisa kita pakai untuk hotlink file yang besar-besar. Kalau perlu buka account 10 buah kan dapet 5 GB. Terus kita link ke blog WP atau BS. Bandwidth dia pasti kesedot, tapi tiap account kan ada quotanya. Kalau quota habis ya account di-suspend dan baru bisa dipakai lagi bulan depan. Kalau online storage semacam box.net atau imageshack.us sepertinya hanya boleh hotlink untuk gambar. Film dilarang. Tapi kalau punya film bagus mendingan di-convert ke flash terus di-upload ke YouTube. Mau 100 film juga bebas koq. Malah canggihnya, kalau banyak yang nonton bisa sekalian promosikan site kita lewat link yang tersedia.

tp youtube skrng dibatas cuma 10 menit doang yah (doh)

Banyak yang ngakalin YouTube dengan dipecah jadi masing-masing 10 menit. Ada yang sampai 14 bagian. Kalau dijumlah jadi lebih lama dari nonton di bioskop.🙂

Dulu tak pasang itu lho gamenya Mister Bush dilempar sepatu , tak pasang di blog

Oiya, kalau di blogspot bisa pasang aja saja karena dia mengijinkan pasang javascript. Kalau WP dilarang.

Kalo srcnya langsung ngarah ke URL yang punya, itu wajar tapi apa nggak kasihan kalo bandwith mereka terkuras ya terutama kalo flash yang ditayangkan adalah flash yang pas lagi laris semacam game Mister Bush dilempar sepatu dulu itu. Itu pengaruh apa nggak dari sisi pihak yang flashnya ditampilkan di blog. Apa nggak lebih bagusan flashnya di download lalu diupload di tempat lain milik masing2.

Hotlink semacam itu pasti nyedot bandwidth yang punya file. Ada beberapa hosting yang bisa mendeteksi site lain yang hotlink ke tempat dia. Kalau kira-kira menghabiskan bandwidth, biasanya langsung diputus diem-diem. Tapi kalau pemakainya masih seperti saya ini yang pengunjungnya belum nyampe 10.000 per hari rasanya sih aman-aman saja. Memang lebih bagus kalau flash-nya kita sendiri yang upload, karena ada juga site yang secara berkala (otomatis) mengubah nama file atau folder-nya. Lha link kita bisa putus semua kalau dia ganti nama. Biasanya yang nama filenya pakai angka / huruf random berapa puluh digit itu.

kalo di youtube itu terbatas kira2 10 menit….kalo mo nambah harus bayar, dulu ada hosting pilem kek youtube dan sangat bagus yaitu di veoh dot com tapi visitor dari indo dah dibanned😦 o iya di mypsace juga oke tuh….tapi sayangnya mereka agak ketat, hampir setiap ada duplikat konten/video langsung dihapus dalam hitungan jam….kalo di megavideo lebih asik lagi bisa uplot pilem2 miyabi:mrgreen: tapi donlotnya gak bisa diresume hihihihihi….tspi krknya tube2 itu sudah sak bajek saking akehe tinggal milih…..

tapi kalo animasi flash ya amannya ya dihosting sendiri yg berbayar, kalo yg gratisan gak njamin gak bakalan dihapus/diputus….apalagi yg co cc itu tidak sepenuhnya gratis…mendingan pake HyperWebEnable dot com dijamin pake dot com dan hosting sendiri cuman syaratnya agak berat harus bisa 100 visitor tiap hari kalo nggak maka akan didelete:mrgreen: sekali lagi gak ada yg sepenuhnya gratsi…hihihihi:mrgreen:

Makasih atas pencerahannya KangTon…

saya pasang flash bisa kok pak tinggal dicopy source codenya aja dimasukkan ke html🙂
apa karena versi wordpress.org ya? hm

Kalau di wp.com pasti dibuang otomatis. Enda tahu kalau di wp.org. Belum pernah punya sih…😉

wah tampilan plus isinya bakalan jadi mangstabs dong kalo ditambahin flash gitu😀 *tp bakalan tambah lemot ngga yah*

Harus dijaga agar ukuran flash tidak terlalu besar. 50 KB sepertinya sudah maksimal. Kecuali kalau blognya sedikit gambar, ukuran flash bisa diperbesar.

mantaaaap.. he.he.. keren euy, kalo di blogku malah tak oprek-oprek sampe tak tulis ulang script WP-nya (kurang kerjaan amat yah).. he,,he,, thanks yah.. ^^

Sama-sama mas.🙂

yang ini aku copas ya mas lamb…
maksih udah banyak berbagi..

ayo yang lain lagi…

Silahkan mas.🙂

Maaf saya punya blog dengan alamat metafisis.wordpress.com , saya mau tanya bagaimana cara untuk menampilkan widged seperti yang anda miliki yaitu contohnya statistick & links , site meter dll saya sudah mencoba dengan cara copy paste di widged “Teks” tetap ga bisa… please help me…thanks sbb wordpress ga sama seperti di blogspot

Untuk statistik itu harus daftar dulu. Klik salah satu gambar statistik yang ada, nanti akan terbawa ke website mereka. Daftar di sana, dan setelah itu akan mendapatkan HTML code. Buka WordPress Dashboard -> Widget, lalu insert Text widget. Masukkan HTML code tadi dalam Text Widget, lalu save.
Kalau ada yang masih gagal dicoba, silahkan kabari lagi ke sini, nanti saya bantu.

Sekedar masukan. Kalo wordpress.com atau yg gratisan biasanya nggak bisa masukin script Html. Yang bisa kalo menggunakan wordpress.org. Itulah secuil kekurangan wordpress.

[…] Untuk meng-install flash game ini di blog Anda, gunakan petunjuk yang pernah saya jelaskan pada artikel “Tutorial – Cara Insert Flash Animation di WordPress.com“. […]

loadingnya tambah berat dong, mas

Pakai gambar yang kecil-kecil aja mbak.

lha..klo buat flash sndiri,trus msti kemana dl nih biar bs nongol di wordpress.com

Kalau flashnya pakai extension FLV, rename menjadi SWF. Setelah itu, tinggal ikuti petunjuk yang ada di link ini:
https://imajinar.wordpress.com/2010/01/15/tutorial-cara-insert-flash-animation-di-wordpress-com/

makasih infonya…

Sama-sama mas. Semoga bermanfaat.🙂

Ini yang saya cari. Mudah-mudahan bisa berhasil. Terima kasih

Sama sama…

infonya sangat bermanfaat makasih…

Sama-sama.🙂

di blog saya yang satu lagi banyak widget animasi flash menarik yang bisa di pasang di wordpress..
tinggal copy-paste code nya..
silahkan mampir..
http://oridwidget.blogspot.com

Oke bro… nanti saya mampir.🙂

ane coba ah thanks before

gue udah coba tapi ga jalan tuh bos

Tidak berhasil…

Wah, maaf teman-teman. Ternyata fitur ini sudah dihilangkan oleh Gigya. Dulu waktu posting ini dibuat (Januari 2010), semua berjalan lancar dan maknyus. Ini memang ngga menggunakan javascript, tapi hanya special script saja. Ternyata oh ternyata…

Mantap neh infonya…

bagus buat saya sebagai pemula…

di tunggu info – info berikutnya

terima kasih gan…

klo mw ngambil dr kmptr kita sndri gmn Gan cra’a?

tutorial yang sangat membantu

sangat membatu sy yg masi awam wordpress. mksi banyak bang. mmpir ya 4wand4.wordpress.com

bagus gan😀.. izin simak ya😀


Where's The Comment Form?

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d bloggers like this: